Berita  

Burung Perkutut Kantong Semar dengan Segala Mitosnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi burung Perkutut Kantong Semar yang memiliki banyak mitos. Meski tidak semua orang mempercayainya, tetap saja hal ini menarik untuk dibahas. Apalagi jenis burung ini termasuk langka dan sulit ditemui di alam liar.

Karena alasan langka inilah banyak kolektor burung yang memburunya. Meskipun harganya cukup mahal, namun tidak mengurungkan niat bagi pecinta burung untuk memilikinya. Warnanya memang tidak seindah burung nuri atau burung lain yang beraneka warna.

Namun demikian, ada makna yang dianggap bagus jika memelihara burung Perkutut Kantong Semar. Sebagian bahkan menganggap bahwa burung dengan dominasi warna abu-abu dan hitam ini membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Ciri Perkutut Kantong Semar

Dari banyaknya jenis perkutut, yang paling unik adalah Perkutut Kantong Semar. Bukan tanpa alasan, karena ada ciri khusus yang membedakannya. Sebut saja pada bagian perut yang terdapat tembolok atau sedikit besar dan menonjol ke depan dibandingkan jenis lain.

Nama Kantong Semar juga tidak luput dari ciri khas ini, yakni mirip tokoh pewayangan Semar. Ciri lain yang membedakan dengan perkutut lain yaitu pada bagian kaki dan jari yang terlihat lebih pendek. Begitu juga dengan paruhnya yang terlihat lebih pendek.

Mitos Perkutut Kantong Semar

Mitos Perkutut Kantong Semar tidak lepas dari tokoh pewayangan yang disebutkan diatas. Tokoh tersebut memiliki watak sangat baik dan berwibawa, inilah yang menjadikan salah satu alasan kenapa burung ini dianggap membawa kebaikan bagi pemiliknya.

Filosofinya sederhana, diharapkan yang memelihara burung ini juga memiliki watak yang baik seperti Semar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa siapa saja yang memelihara burung ini bakal disegani dan dihormati oleh orang di sekitarnya.

Baca Juga :   Jangan Salah! Ini Bedanya Jenis Pendaftaran IMEI Handphone di Indonesia

Cara Memelihara Perkutut Kantong Semar

Dari penjelasan diatas, anda pasti sudah dapat membedakan mana Perkutut Kantong Semar dan mana perkutut biasa. Selain itu, anda pun telah mengetahui mitos apa yang dimaksud, meski anda boleh mempercayainya atau tidak.

Selanjutnya kita bahas bagaimana cara memelihara burung yang dianggap membawa berkah ini. Pertama pastikan selalu menjaga kebersihan kandangnya, lakukan secara rutin di pagi hari. Kandang atau sangkar bukan hanya sebagai tempat tinggalnya, namun juga habitatnya saat dipelihara.

Kedua yakni dengan memandikannya setiap hari, lakukan setelah membersihkan kandang. Setelah mandi, jemur Perkutut Kantong Semar dibawah sinar matahari selama 30 menit. Atau anda bisa menjemur hingga kondisinya sedikit kering.

Jangan lupa memperhatikan makanannya, burung ini membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat. Pada umumnya, burung ini memakan biji-bijian, terutama jagung. Namun tidak masalah jika sesekali anda memberikan kacang hijau atau pisang sebagai selingan.

Itulah pembahasan menarik mengenai burung Perkutut Kantong Semar yang dipercaya memiliki mitos bagi sebagian orang. Apapun jenisnya, yang penting adalah memperhatikan dan merawatnya setiap hari sesuai cara yang disebutkan diatas.